Kamis, 23 Januari 2014

Tips Mengemudi Mobil di Saat Hujan

Himbauan bagi sobat pengendara mobil, harus mengemudi dengan ekstra hati-hati ya, karena hampir ditiap hari kini hujan terus turun mengguyur jalanan sehingga menyebabkan jalan yang licin, jarak pandang sobat akan terbatas dan juga sobat akan menghadapi genangan air atau banjir. Apabila tidak hati-hati dalam mengemudi bisa menyebabkan kecelakaan atau mogok dijalan.



Agar terhindar dari kemungkinan buruk tersebut, ada beberapa tips Uzie nih untuk mengemudi saat hujan yang bisa disimak dibawah ini:
  1. Periksa kondisi rem mobil, pastikan perangkat rem berfungsi dengan baik agar bisa melakukan pegereman dengan baik di saat hujan,
  2. Periksa kondisi ban mobil, tekanan angin ban sesuaikan dengan standar pabrik, tidak kurang atau berlebih. Dan cek alur kembang, apabila sudah habis, sebaiknya ganti dengan yang baru.
  3. Periksa sistem kelistrikan mobil, terutama pada bagian lampu mobil, lampu sign dan lampu rem, pastikan semua berfungsi dengan baik sebelum menerobos hujan.
  4. Periksa kondisi wiper mobil, pastikan karet wiper tidak getas dan berfungsi dengan baik.
  5. Bersihkan kaca mobil dari jamur terutama kaca depan dan belakang agar pandangan lebih jelas dan tidak terganggu pada saat hujan.
  6. Kurangi kecepatan laju mobil di kala hujan, karena daya cengkram ban mobil berkurang dan bisa menyebabkan slip.
  7. Jaga jarak aman Anda dari mobil di depan untuk menghindari tabrakan karena rem mendadak dan juga mobil slip.
  8. Berhati-hati bila melewati genangan air, karena bisa saja ada lubang yang tidak terlihat.
Semoga tips singkat dari Uzie ini bermanfaat yaa.. .. ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar